KEUNIKAN DARI KOTA PURBALINGGA


KEUNIKAN DAN CIRI KHAS DARI KOTA PURBALINGGA

Kota purbalingga yang mempunyai julukan kota perwira.Kota purbalingga ini di kenal dengan logatnya yaitu ngapak, dimana wilayah yang menggunsksn logat ngapak yaitu kanupaten cilacap,banyumas,purwokerto,brebes, dan sekitar kebumen dan purbalingga.Logat ngapak ini berbeda dengan jawa timur, semarang dan solo yang mana ketika huruf  ‘a’ itu tetap di baca dengan huruf ‘a’ bukan di baca ‘o’, dan ketika huruf ‘k’  pada logat ngapak ini di baca jelas , di bandingkan dengan kota kota yang lainnya. Banyak orang merantau pada daerah lain ketika berbicara dengan bahasa ngapaknya, maka orang orang di sekitar pasti tertawa, dan kebanykan orang bilang “orang gapak ora kepenak”.
Kota Puralingga ini, masih tetap saja ada yang belum tahu dengan kota ngapak ini,masih saja ada beberapa orang yang menyamakan dengan kota probolinggo, padalah kota probolinggo itu berada di jawa timur bukan di jawa tengah.Di kota purbalingga juga mempunyai keunikan.
Ada bebarapa hal keunikan dari purbalingga, yang harus kamu kunjungi.
1.      Di kota purbalingga memiliki maknan khas yaitu mendoan.


Makanan ini sangat popular di pubalingga, dan mudah di jumpai apabila kalian berkunjung ke purbalingga.Menodan ini di buat dari campuran tepung beras dan tepung terigu yang mana di buat tipis-tipis.Namnun, pada kota kota lain, apabila kita pesan
Mendoan yang datang itu tempe yang di campu adonan tepung.Dan ketika memasak jangan sampai mendoan tersebut sampai kering.

Mendoan, di daerah purbalingga itu sungguh murah dapat di beli oleh semua kalangan. Harga untuk satu mendoan yaitu sekitar Rp.500 – Rp.1.000, tergantung dengan ukurannya.Orang-orang purbalingga biasanya ketika memakan medoan menggunakan cabe yang mana di sana di sebut dengan “cabe rawit”, yaitu cabe yang masih muda.

2.       Es Duren terenak dari kota purbalingga



Es duren dari kota ngapak ini berlokasi di bancar, es duren ini setiap hari ramai di kunjungi oleh orang-orang.Warung es duren ini buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 18.00.Warung es duren ini berdiri sejak tahun 1980.
Kenapa warung es duren ini berbeda dengan yang lain? Karena es duren di kotak ngapak ini dalam satu porsi itu memberikan 4 sendok makan daging duren,yang di tabah gula jawa, santan,susu putih,dan susu cokelat.Satu porsi mangkok es duren tersebut sekitar Rp.15.000. Selain es duren, warung ini juga menyediakan es yang lainya yaitu es kopyor dalam bahasa indonesinya es kelapa muda,dan es campur, dimana harganya berbeda.

  

3.     Cimplung






    Cimplung adalah maknan manis. Cimplung ini terbuat dari umbi-umbian yang mana di rebus dengan air nira, sehingga umbi tersebut akan terasa manis.Cimplung ini biasanya yang membuat itu ornag-orang kampong yang masih ketal dengan adatnya.Cimplung ini bisa terbuat dari singkong,ubi jalar,talas dan umbi-umbian lainnya.Namun biasanya orang kampong lebih mudah mendapatkan singkong, karena  mayoritas menanam singkong.


Cimplung ini bisa langsung di makan, selain cimplung di kota ngpak ini juga terdapat sminuman es nira atau sering di sebut dengan es badheg .Es badheg yaitu nira ynag belum jadi gula , kemudian di campr dengan es batu dan bisa langsung di minimum.Adapaun juga cimplung goreng, yaitu cimplung di masak sehingga menjadi cimplung goreng.  

Di atas adalah beberapa khas makanan dari purbalingga, selain itu terdapat tempat wisata yang popular dikalangan masyarka purbalingga.


1.      Owabong.


Owabong ini terletak di Desa Bojongsari , Kabupaten purbalingga. Tempat wisata ini memiliki wahana yang cukup banyak yaitu koam berenang yang dari ukuran untuk anak kecil sampai ukuran untuk anak dewasa, waterboom, area gokart, kolam renang khusu air panas dan masih banyak lagi.Owabong sangat ini sungguh berkembang sangat pesat.Dimana ketika kita akan keluar Terdapat banyak orang yang  berjualan di setiap jalan menuju keluar, dan beragam makanan yang di perjual belikan dari kaos, accesoris, makanan, dan minuman.



Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini kita hanya mengeluarkan uang Rp.20.000 pada hari biasa dan Rp.25.000 hari weekend atau hari libur.Tidak terlalu mahal kan, dan terdapat fasilitas – fasilitas yang ada yaitu masjid,toilet,ruang ganti yang cukup banyak,tempat duduk,parkiran yang aman dan warung makan.
2. Wisata Alam argowisata lembah asri



wisata alam argowisata ini terletak di Desa Serang , kec.karangreja, kab.purbalingga.Lokasi ini terletak di pegunungan sehingga udaranya sejuk,di wisata ini terdapat wisata kebun stoberi yan mana kita dapat mengambil buah tersebut sendiri, dan harga untuk masukpun terjangkau yaitu Rp.15.000 per orang.Kebun stoberi di sana pun sangat luas, tidak kalah dengan kebun stoberi di daerah lain.Selain terdapat wisata kebun stoberi terdapat tempat wisat alian yaitu mislanya kampung kurcaci,kutabawa garden dan masih banyak lagi.Tempat ini banyak dikunjungi walaupun itu hari biasa maupun hari libur.


3.Goa Lawa.







Wisata goa lawa ini di terledat di Desa Sirawak, Kec.Karangreja yaitu sebelah timur dari purbalingga.Wisata gowa lawa ini banyak di Kunjungi pada hari biasa ataupun pada hari libur, selain owabong.Dan wisata goa lawa ini juga biasanya sering dikunjungi oleh sekolah sekolah untuk liburan pada akhir semester.Pada tempat ini selain untuk hiburan juga sebagai refreshing karena di sana udaranya yang sangat sejuk.

Adapun harga tiket yang bermacam-macam sesuai dengan harinya yaitu :


Senin – Jumat (Weekday)                                          Rp 6.000

Sabtu, Minggu (Weekend) dan Tanggal Merah     Rp 7.500

Hari Raya Natal dan Tahun Baru                              Rp 12.500
Hari Raya Idul Fitri / Lebaran                                   Rp 15.000

Taman Bermain anak                                                   Rp 2.000

Sungguh murah sekali, untuk mengajak liburan keluarga kesana, hanya mengelurkan uang kurang dari Rp.10.000 per orang.

Tempat tersebut sungguh luas, dan banyak sekali goa goa yang dapat kita lihat.Di sana juga menfasilitasi toilet, kamar mandi, dan warung makan yang mudah untuk diakses.

Selain itu, yang suka memodif motor ataupun suka yang berkaitan dengan kendaraan pasti tahu purbalingga itu ialah di kenal dengan knalpotnya.


Knalpot purbalingga ini di kenal karena kwalitasnya yang bagus.Harga knalpot di purbalinggapun harga standar, tidak mahal.

Mungkin hanya itu saja yang bias saya informasikan, selain itu masih banyak lagi hal-hal yang berciri khaskan kota purbalingga.

Terima kasih.










































































































































































































































































































































































































Komentar

Postingan Populer